PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA-SISWI DAN GURU MELALUI PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PADA BIDANG TEKNIK, EKONOMI, ILMU KOMPUTER, PSIKOLOGI, DAN ILMU KOMUNIKASI DI SMA LABS SCHOOL KAIZEN GUNUNG PUTRI, BOGOR

Emmy Indrayani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai penyempurna kegiatan sebelumnya yang dilakukan dengan tujuan menambah pengetahuan siswa di berbagai bidang ilmu, diantaranya bidang Teknik Elektro dalam perancangan sistem elektronik menggunakan software LTSPICE, ilmu komputer dalam pengenalan basis data dan pengaplikasian fungsi- fungsi logika seperti fungsi IF, Vlookup, Hlookup pada Ms. excel, bidang ekonomi dalam pengetahuan perkembangan financial technology di Indonesia saat ini serta bidang komunikasi untuk menambah pengetahuan dalam pengolahan public speaking untuk melatih penyampaian lisan didepan banyak orang, dengan kemampuan public speaking yang baik dapat membantu siswa dalam memperluas jaringan pada dunia industri. Selain itu juga bertujuan sebagai pembekalan guru dalam menumbuhkan motivasi kemandirian belajar pada siswa sebagai dampak perubahan pola belajar selama pandemi Covid-19. Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini difokuskan pada pendampingan untuk peningkatan pengetahuan bagi siswa-siswi dan guru SMA Labs School Kaizen, Gunung Putri Bogor yang dilakukan sebagai penyempurna kegiatan sebelumnya. Pendampingan dalam peningkatan pengetahuan bagi siswa dan guru dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan atau praktek yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan definisi, konsep dan teori terkait materi pembelajaran sesuai bidang ilmu Teknik, komputer, ekonomi, psikologi dan komunikasi. Metode demonstrasi dan latihan dipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja, seperti pada bidang Teknik dengan pengaplikasian software LTSPICE dalam praktek perancangan sirkuit elektronik, di bidang ekonomi diskusi praktek perencanaan untuk memulai usaha, dibidang computer praktek pengaplikasian fungsi IF, Vlookup dan Hlookup dalam memudahkan pengolahan data, dan dibidang komunikasi praktek bagaimana menghadapi kejadian buruk yang sering muncul ketika menjadi seorang public speaker, sementara metode tanya jawab dilakukan untuk memberi kesempatan para siswa dan guru untuk berkonsultasi, saling berbagi informasi pengetahuan terkait materi-materi sesuai bidang ilmu yang dibahas.
Keywords
peningkatan pengetahuan siswa dan guru bidang teknik; komputer; ekonomi; psikologi; komunikasi
References

Arner, D. W., Barberis, J., Buckley, R. P. 2015. The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? Geo. J. Int’l L, 47, 45.

Djusmin,Vicky Bin. 2015. Hotspot Berbasis Koneksi Pppoe (Point To Point Protcol Over Ethernet) Dengan Otentikasi User Manager Mikrotik Pada Warnet Starcom. Jurnal Ilmiah d’ComPutarE Volume 5 Edisi Juni 2015. Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo.

Girsang, Lasmery RM. (2018). Public Speaking sebagai Bagian dari Komunikasi Efektif. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol. 2, No. 2, p-ISSN 2581-2718, e-ISSN 2620-3480 (pp 81-85).

Hamdu, G., Agustina, L. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Handayani, D. 2016. Feasibility Analysis of Business “Amalia Boutique”Ptwarna Warni Amalia As Muslimah Fashionin South Jakarta. In JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Vol. 7, pp. 41–55).

Ladd, H. F., Sorensen, L. C. 2017. Returns to teacher experience: Student achievement and motivation in middle school. Education Finance and Policy, 12(2), 241-279.

Populix. 2021. Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Manfaat, Hingga Contohnya. Retrieved from Populix website: https://www.info.populix.co/post/studi-kelayakan bisnis.

Rako, P. 2013. EDN - LTspice seminar with Mike Engelhardt.

Salama, S. 2014. Hubungan tipe kepribadian big five dengan kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa semester IV Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang [Unpublished doctoral dissertation]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sawarjuwono, T., Kadir, A. P. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran Dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 35– 57. https://doi.org/10.1024/03011526.32.1.54.

Sobri, Muhammad., Emigawaty., Damayanti, Nita Rosa. 2017. Kelebihan Microsoft Excel Dalam buku Pengantar Teknologi Informasi – Konsep dan Teori. ANDI. Yogyakarta.

Syafrizal, M. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Amikom.

Information
PDF
115 times PDF : 7 times
Article Tools