PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN “PEMBINAAN, PENYULUHAN UMKM, PKK, BANK SAMPAH DAN KESEHATAN MASYARAKAT DESA RAWA PANJANG, BOJONG GEDE, BOGOR”

Irina Mildawani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ikhwan HS
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dona Suzana
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sri Hayuningsih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Fitri Rismiyati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Rawa Panjang, telah diadakan pelatihan yang mencakup pembuatan rencana bisnis, pengelolaan keuangan, digital marketing, perancangan website, dan diversifikasi produk. Kegiatan ini berhasil meningkatkan omzet penjualan UMKM dan memperoleh kredit permodalan dari perbankan. Untuk mendukung PKK Desa Rawa Panjang, Tim LPM Universitas Gunadarma memberikan pembinaan sepanjang 2023, menjadikan PKK sebagai organisasi yang berprestasi dalam meningkatkan kesejahteraan warga. Selain itu, pembinaan bank sampah sebanyak 30 unit berhasil mengurangi polusi sampah rumah tangga melalui Program 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kegiatan juga difokuskan pada pembinaan kesehatan masyarakat, terutama untuk mengurangi stunting dan gizi buruk pada anak dan balita, serta menjaga kesehatan ibu dan anak di Posyandu. Metode Input-Proses-Output dan Dampak diterapkan dalam seluruh kegiatan, yang mencakup mapping problem, skenario kegiatan, konsultasi, pelatihan, hingga evaluasi dan monitoring. Hasil positif terlihat dari peningkatan omzet UMKM, bantuan permodalan, dan prestasi PKK seperti penghargaan inovasi daerah. Di sektor bank sampah, terjadi peningkatan volume dan pengurangan kasus gizi buruk, stunting, dan kematian ibu hamil dan balita.

Keywords
: UMKM, TP.PKK, Posyandu, Bank sampah, kesehatan masyarakat
References

Direktorat Jenderal Pemerintah Desa dan TP. PKK Pusat (2021). Buku 3 Petunjuk Teknis Kelola Kelembagaan PKK.

Utami, Eka. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah. Yayasan Unilever Indonesia. Jakarta

Hardi Utomo, (2010), Kontribusi Soft Skill dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan, Jurnal ekonomi dan bisnis. Vol 3 No.1 Among Makarti STIE AMA sala Tiga

Mella Rasyida Halim, (2021). Laporan Praktek Pendidikan Vokasi. IPB Bogor

Riswan, Sunoko, H.R., dan Hadiyarto, A., 2011. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(1):31-38.

Nurrizalia, M., Husin, A.,Waty, E.R.K., Nengsih, Y., K. (2022). Mengelola Sampah Rumah Tangga Dengan Pedoman Buku Saku 4R (Reduse, Reuse, Recycle, Replant)diDesa Limbang Jaya II Ogan Ilir. JSCSE, 1 (2), Halaman 67-77.

Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No. 53 tahun 2000 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah dan SNI 19-3964-1994

Peraturan Presiden No.80 tahun 2017Inpres No.3 tahun 2017 tentang Efektivitas Pengawasan Obat dan MakananPermendagri No. 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Daerah

Aji, Pandu Satia. 2023. PKK Desa Rawapanjang Raih Juara I Lomba Gelari Pelangi Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023. https://rawapanjang-desa.id/

kecbojonggede@bogorkab.go.id “Profil Kantor Desa Rawa Panjang kecamatan Bong gede Kabupaten Bogor

https://pojoksatu.id/bogor/,(2022). 2000 Ton Sampah di Kabupaten Bogor Tidak Terangkut Setiap Hari.

Information
PDF
19 times PDF : 19 times
Article Tools