PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MATEMATIKA PADA YAYASAN KARANG WIDYA (THE LEARNING FARM) CIANJUR-JAWA BARAT

Dyah Cita Irawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ana Kurniawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Kemal Ade Sekarwati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Lulu Chaerani M.
Universitas Gunadarma
Indonesia
Miftahul Jannah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Naeli Umniati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Widiastuti Widiastuti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Witta Listiya Ningrum
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

The Learning Farm (TLF) Yayasan Karang Widya berlokasi di Kampung Rawabenceuh, Desa Kawungluwuk, Kec. Kab Sukaresmi. Jawa Barat Cianjur 43254. Yayasan Karang Widya adalah organisasi nirlaba yang berupaya memberikan akses pendidikan berkualitas kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang mampu melalui program berkebun organik. Target audiensnya terutama adalah orang dewasa kelas menengah dan pekerja yang berusia antara 15 dan 25 tahun. Siswa berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan menerima pengajaran tatap muka selama 100 hari per mata pelajaran. Selain materi organik yang berfungsi sebagai media pengajaran utama, siswa juga diberikan pengajaran kecakapan hidup dalam mata pelajaran seperti penggunaan komputer, kemahiran bahasa Inggris, dan kepemimpinan. Tujuan dari mata kuliah ilmu komputer dan matematika yang ditawarkan oleh Universitas Gunadarma adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman yang kuat tentang matematika dasar serta keterampilan penggunaan komputer. Pelajarannya mencakup dasar-dasar penggunaan komputer seperti penggunaan komputer, pengolah kata, penggunaan spreadsheet, membuat presentasi, dan pengetahuan matematika yang berkaitan dengan situasi dunia nyata. Tujuan dari program pelatihan guru ini adalah agar siswa dapat bekerja sebagai karyawan dengan menggunakan komputer sebagai alat kerja dan menerapkan pengetahuan matematika pada tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan atau usaha kewirausahaan.

Keywords
Pemuda Rentan, Pelatihan, Teknologi Informasi, Matematika, Pengabdian.Masyarakat
References

Dewi Suranti, Maryaningsih, Dian Mardianti. 2018. PEMBERDAYAAN PEMUDA RENTAN MELALUI PELATIHAN MULTIMEDIA DIKECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Abdimas Dewantara. Volume 1, No. 2, Oktober 2018, hal. 19-30. P-ISSN: 2615-4889. E-ISSN: 2615-8728.

Mas Titing Sumarmi, Siti Kamsiyati. 2009. Asyiknya Belajar Matematika Untuk Kelas II SD/MI. PT Penerbit widya Duta Grafika.

Dwi Agustina, Sudji Munadi. 2023. Pemuda dan Ketidakpastian: Sebuah Hambatan, Strategi Dan Harapan Dalam Memasuki Pasar Kerja. Dimesia: Jurnal Kajian Sosiologi. Volume 12, Number 1, 2023 pp. 13-24. P-ISSN: 1978-192X | E-ISSN: 2654-9344.

Eko Kuntarto, Dr. Drs. H. , M.Pd, M.Comp.Eng. 2013. Modul Kuliah Pembelajaran Calistung Membaca, Menulis, Berhitung. Program Studi PGSD FKIP Universitas Jambi.

Sahadi Humaedi, Budi Wibowo, Santoso T. Raharjo. 2013. KELOMPOK RENTAN DAN KEBUTUHANNYA (Sebuah Kajian Hasil Pemetaan Sosial CSR PT Indonesia Power UPJP Kamojang). Share: Social Work Jurnal. VOLUME: 10, NOMOR: 1, HALAMAN: 61 – 72. ISSN: 2339-0042 (p). ISSN: 2528-1577 (e).

Information
PDF
13 times PDF : 4 times
Article Tools