OPTIMASI POSYANTEK DESA DAN PELATIHAN MESIN PARUT KELAPA DI DESA JAMALI, CIANJUR, JAWA BARAT

Raden Roro Sri Poernomo Sari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nur Sultan Salahuddin
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ariyanto Ariyanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Supriyono Supriyono
Universitas Gunadarma
Indonesia
Fauziah Fauziah
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 menyoroti pentingnya pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam pengelolaan sumber daya alam desa. TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ramah lingkungan, dan dapat dimanfaatkan serta dipelihara oleh masyarakat dengan mudah. Artikel ini mencerminkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim Abdimas MERDEKA dari Universitas Gunadarma. Mereka memberikan pendampingan dan pelatihan dalam pembinaan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Desa (Posyantek Desa) serta perancangan mesin parut kelapa di Desa Jamali, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemanfaatan hasil pertanian kelapa dan memudahkan masyarakat dalam mengolahnya. Metode yang digunakan mencakup pembentukan Posyantek Desa dan pelatihan perancangan mesin parut kelapa. Hasil pengabdian ini mencakup peningkatan kualitas produk pertanian, peningkatan daya saing masyarakat, serta publikasi kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan nilai tambah barang dan jasa. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut dalam pembinaan dan pelatihan bidang lainnya, mendukung kesejahteraan masyarakat dan pengembangan desa.

Keywords
Teknologi Tepat Guna; Posyantek Desa; Mesin Parut Kelapa
References

Benzon, J.A. dan R.V. Jose . 1982. Coconut, Production and Utilization. Philipine Coconut Font Inc. Amber Avenue. Metro Manila Hangenmaier, R.O. 1980. Coconut Aquaeous Processing. University Of San Carlos. Cebu City. Philipine 5 Inc. Amber Avenue. MetroManila.

Khurmi, R.S. dan Gupta, J.K. 2005. A Textbook of Machine Design, New Delhi : Eurasia Publishing House. Dobrovolsky, V.1981 Machine Elements. Stolk, Jac. Elemen Mesin, Erlangga, Maiseka Leu, M.A. Coward David, M.A. Marshall Craig., 2014. Alat Pemarut Kelapa dan Singkong. Belo KI, Balogun AL, Limidi BO. Design, Fabrication and Testing Coconut Milking Machine. Journal Of Research in Pure and AppliedSciences, Volume 3 Number 1 June

Lestari D, Susilo B, Yulianingsih R. 2014. Rancangan Bangun Mesin Pemarut dan Pemeras Santan Kelapa Portable Model Kontinyu. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol. 2 No 2, Juni 2014, 117-123.

Mizera C, Hrabe. P, Herak D. 2017. Mechanical Characterization of Whole Coconut Shell. 58th ICMD 6-8 September 2017, Prageu,Czech Republic.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Dan Penerapan Teknologi Tepat Guna Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

Suhariyanto.2006.Diktat Elemen Mesin I.Surabaya: Jurusan D3 Teknik Mesin FTI-ITS

Sularso, Kiyokatsu Suga.2004. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.

Tonpe KK, Sakhare VP, Sakhale CN. 2014. Design & Performance of Coconut De-Shelling Machine. Journal of Engineering Research and Applications, ISSN : 2248-9622, Vol 4, Issue 7 (Version 3), July 2014, pp.39-44.

Yohanes, 1990. Pengenalan Varietas dan Penyediaan Bahan Tanaman Kelapa. Pusat Penelitian Kelapa. Bandar Kuala

Information
PDF
86 times PDF : 53 times
Article Tools