PEMBEKALAN PENGANTAR BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL HUDA PASIR GUNUNG SELATAN

Desi Pujiati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sudarsono Sudarsono
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nenik Diah Hartanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Titi Nugraheni
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ekaning Setyarini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Hendri Rahmayani Asri
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pengangguran di Indonesia tahun 2022 didominasi oleh pengangguran dengan pendidikan terakhir SMA. Mayoritas lulusan SMA masih menjadi job seeker dibandingkan menjadi job creator. Rendahnya minat lulusan SMA menjadi wirausaha disebabkan oleh pendidikan yang mereka terima di bangku SMA belum memberikan kesiapan mental untuk masuk ke dunia wirausaha. Padahal siswa harus memiliki motivasi atau dorongan dari sekolah sehingga siswa memiliki rasa percaya diri dalam terjun ke dunia wirausaha. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengantar bisnis dan kewirausahaan pada siswa dan siswi Madrasah Aliyah Nurul Huda di Pasir Gunung Selatan. Pembekalan diberikan dengan tujuan agar siswa dan siswi mempunyai pengetahuan bisnis dan kewirausahaan, Dengan pemehaman yang dimiliki tersebut, siswa dan siswi dapat lebih memahami apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memulai suatu usaha dan kendala apa saja yang mungkin akan dihadapi. Sehingga dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai bisnis dan kewirausahaan akan dapat menumbuhkan minat siswa untuk mau memulai wirausaha pada saat ini atau nanti jika sudah lulus SMA

Keywords
Bisnis; motivasi; kewirausahaan
References

Alma, B (2014) Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Basrowi. (2014). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hendra, O., Lestary, D., Aswia, P. R., Kalbuana, N., & Saulina, M. (2022). Pengenalan Budaya Keselamatan Bagi Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 2(2), 72–77.

Kalbuana, N. (2022). Edukasi Pengelolaan Keuangan Bagi Pengurus E-Warong Kube Jasa di Wilayah DKI Jakarta Barat. Pengmasku,2(2), 98–108.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kurniawan, L., Budiman, M., Moenandar, P. H., Arifin, Z., Hidayat, M., & Yulandari,S. (2022). Kartini milenial yang menguasai manajemen dan teknologi komputerisasi bagi santriwan/ti Panti yauma yatim dan duafa Paseban- Jakarta Pusat. Pengmasku, 2(1), 66-75

Tilaar, H. A. R. (2012) Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas MediaNusantara.

Information
PDF
73 times PDF : 83 times
Article Tools