PENINGKATAN KAPASITAS SISWA DAN ORANGTUA DI RW.22 PERUMMETLAND CILEUNGSI SEKTOR VII: MATEMATIKA DAN PELATIHAN GOOGLE MEET

Iffatul Mardhiyah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Aini Suri Talita
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dina Indarti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rifki Kosasih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Elyna Fazriyati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Octaviani Hutapea
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pengabdian masyarakat dilakukan di RW 22 Perum Metland Cileungsi Sektor VII untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dan kemampuan penggunaan Google Meet pada ibu-ibu. Kegiatan ini diilustrasikan oleh rendahnya pemahaman konsep matematika dan kurangnya penguasaan teknologi oleh ibu-ibu. Dalam empat bulan, kegiatan melibatkan
30 siswa dan 20 ibu-ibu, menggunakan metode pengajaran matematika kontekstual dan media visual, serta pelatihan penggunaan Google Meet dengan pendekatan hands-on. Evaluasi melibatkan kuesioner, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman matematika, kecakapan penggunaan Google Meet, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika. Pelatihan dan modul pembelajaran matematika telah berhasil
meningkatkan daya saing siswa dan ibu-ibu. Pengabdian ini membuktikan pentingnya penerapan iptek dalam pendidikan dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk pengembangan sumber belajar masyarakat. Dengan ini, kemampuan masyarakat dalam menghadapi era digital dapat ditingkatkan.

Keywords
Google meet; digital; matematika
References

Awan, A. G., dan Kauser, D. (2015). Impact of Educated Mother on Academic Achievement of her Children: A Case Study of District Lodhran-Pakistan. Journal of Literature, Languages and Linguistics, 12, 57 – 65.

Jose, A. S. dkk. (2022). Mothers as Teachers: The New Role of Mothers in the New Normal. Journal of Learning for Development, 9(1), 351 – 362.

Juniartini, N. M. E. dan Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133– 141.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Diakses dari: https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-

content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.

Novitasari, L., dan Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika.Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 758 –766.

Nurcahya, E., Putra, R. W. Y., dan Netriwati. (2021). Kumpulan Soal Cerita Aljabar dan Pembahasan Berbasis HOTS. Bandar Lampung: Arjasa Pratama.

Nurbayani, S. dkk. (2021). A Mother’s Role in The Child's Safety and Care During Online Learning. Proceedings of the 1st International Conference on Gender, Culture and Society (ICGCS),

– 31 Agustus, Padang, Indonesia.

Nuryadi dan Nanang Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil dan Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: LeutikaPrio. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Pratama, H. dkk. (2020). The Trend in Using Online Meeting Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19: A Literature Review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58 – 68.

Rio-Chillcce, A. D. dkk. (2021). Analysis of the Use of Videoconferencing in the Learning Process During the Pandemic at a University in Lima. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 12(5), 870 – 878.

Suryadi, A. (2012). Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan: Isu, Teori, dan Aplikasi untuk Pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Indonesia (Edisi Kedua). Bandung: Widya Aksara Pres.

Wahyuni, V. N. (2021). Efektifitas Penggunaan Google Meet dalam Pembelajaran Daring terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo. Skripsi. UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1 – 10.

Information
PDF
70 times PDF : 37 times
Article Tools