DIGITALISASI UMKM DI LINGKUNGAN RW. 02 PABUARAN EKAR, BOGOR: PENDAMPINGAN WANITA TANI DAN WEBSITE RESMI

Stevani Adinda Nurul Huda
Universitas Gunadarma
Indonesia
Shinta Teviningrum
Universitas Gunadarma
Indonesia
Witari Aryunani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

PKM memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan sinergi para kader RT, RW dan masyarakat Kelompok Wanita Tani di lingkungan wilayah RW 02 Kelurahan Pabuaran Mekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebagai kegiatan pendampingan dan pembuatan website official yang berguna sebagai wadah informasi bagi warga, disamping itu mendukung adanya pusat data UMKM dalam rangka digitalisasi usaha di lingkungan RW 02. Pendataan UMKM juga memberikan kesempatan untuk para investor ataupun pelaku UMKM yang ingin memperluas usahanya dengan mendapatkan modal usaha melalui informasi yang tersedia pada website tersebut. Era digitalisasi kini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM agar dapat berekspansi lebih baik terkait informasi usaha yang dijalankannya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat telah berhasil dilaksanakan dalam rentang waktu 6 (enam) bulan terhitung pada bulan September 2022 hingga Februari 2023 berupa Program Pendampingan Kelompok Wanita Tani dan Pembuatan Website Official RW 02. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, menginsipirasi lahirnya kegiatan lainnya yang mendukung digitalisasi wirausaha berbasis teknologi informasi serta pengelolaan usaha farming berbasis teknologi. Selanjutnya target luaran pengabdian masyarakat ini difokuskan pada peningkatan penerapan IPTEK di masyarakat serta perbaikan tata nilai masyarakat di bidang sosial, lingkungan dan pendidikan khususnya untuk memberdayakan kelompok wanita tani.

Keywords
Wanita Tani; UMKM; website official; Digitalisasi; IPTEK
References

Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim. (2017). Road Map Program Kampung Iklim (PROKLIM), Gerakan Nasional Pengendalian

Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim.

Priyanto, S., Arisudhana, D., Anwar, S., Thoha, M. M. F., & Riyadi, S. (2022). Wirausaha Kelompok Wanita Tani “Dahlia” Dengan Budi Daya Lele – Sistem Bioflok. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 5 No. 2, p. 195-200.

Susilowati, T., Nuswantoro, M. A., & Susiatin, E. (2022). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Upaya Menumbuhkan Minat Wirausaha. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 Nomor 2, p 36-42. http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/infografis/332-gerakan-nasional-programkampungiklim-proklim

Information
PDF
53 times PDF : 45 times
Article Tools