PEMBINAAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK: PENYEHATAN LAHAN PERTANIAN DI PENAJAM PASER UTARA KALIMANTAN TIMUR

RR. Sri Poernomo Sari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nur Sultan Salahuddin
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ariyanto Ariyanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Budi Utami Fahnun
Universitas Gunadarma
Indonesia
Aisyah Aisyah
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki potensi besar sebagai daerah satelit IKN dengan model teknologi inovatif yang harus efisien, lokal, dan berkelanjutan. Universitas Gunadarma dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah melakukan analisis kebutuhan teknologi. Tujuan pengabdian masyarakat adalah membantu Kelompok Tani Harapan Baru di Desa Giri Purwa mengatasi masalah lahan pertanian yang masam, bekas tambang, bekas lahan sawit, serta produktivitas pangan dan hortikultura.Kegiatan pengabdian ini melibatkan pembuatan pupuk organik khusus untuk menyehatkan lahan dan meningkatkan produktivitas. Hasilnya akan dipublikasikan secara online dan dalam bentuk video, yang akan meningkatkan daya saing produk, menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperbaiki nilai-nilai pendidikan. Publikasi ini akan menjadi dasar bagi kegiatan pendampingan di berbagai bidang.

Keywords
PPU; IKN; Tenaga Surya; Pertanian
References

Adi Ratriyanto, Susi Dwi Widyawati, Wara P.S. Suprayogi, Sigit Prastowo, Nuzul Widyas. 2019. Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Ternak untuk Meningkatkan Produksi Pertanian. Jurnal SEMAR Vol. 8 No. 1, 2019 hal. 9 – 13. LPPM Universitas Sebelas

Maret.

Kasmawan, Sutapa 2, Yuliara. 2018. Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Teknologi Komposting Sederhana. Buletin Udayana Mengabdi Volume 17 No. 02, April 2018

Nidya Tanti, Nurjannah, Ruslan Kalla. 2019. Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Cara Aerob. ILTEK,Volume 14, Nomor 02, Oktober 2019.

Thoyib Nur, Ahmad Rizali Noor, Muthia Elma. 2016. Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM4. Konversi, Volume 5 No. 2, Oktober 2016.

Yudi Sastro. Teknologi Pembuatan Pupuk Organik. 2013. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta.

Information
PDF
44 times PDF : 47 times
Article Tools