PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT: PEMERIKSAAN KESEHATAN, KOLESTEROL, ASAM URAT, GULA DARAH DI POSYANDU WIDURI RW.08 MAMPANG, PANCORAN MAS, DEPOK

Dyah Mieta Setyawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Sri Hayuningsih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Arini Kusmintarti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rochmawati Rochmawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Posyandu RW.08 merupakan sebuah inisiatif dalam pengendalian faktor risiko penyakit tidak menular (PTM), termasuk diabetes melitus, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), serta penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko yang berperan dalam peningkatan PTM di RW.08. Hasil identifikasi mengungkap bahwa banyak lansia di RW.08 melakukan pemeriksaan rutin kolesterol, asam urat, dan gula darah. Kegiatan ini melibatkan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan alat easy touch. Hasil pemeriksaan dicatat, dan kemudian dilakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) untuk memberikan informasi hasil pemeriksaan serta upaya pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tetap mematuhi protokol COVID-19 dengan penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer. Melalui perkembangan Posyandu RW.08, terbentuklah kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan. Hal ini meningkatkan pengetahuan lansia, membentuk sikap positif, dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan ini. Tujuan utama pengabdian adalah meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya lansia, terhadap kesehatan dan upaya pencegahan PTM. Selain itu, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini juga dipublikasikan secara online, menjadikan pengabdian ini lebih transparan dan berkelanjutan di wilayah RW.08 Mampang, Pancoran Mas, Depok.

Keywords
Pemeriksaan kesehatan; Posyandu; Penyakit tidak menular
References

Gresinta, E., Pratiwi, R. D., & Noer, S. (2018). Penyuluhan Dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat. Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 97–101.

Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang, Semarang. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX”19-20 November 2019. Purwokerto.

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Petunjuk Teknis Posbindu Bagi Kader. Jakarta Promosi Kesehatan Dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular tahun 2010-2014. 2015. Jakarta Ndraha, S. 2014. Diabetes Melitus Tipe 2 dan Tata Laksana Terkini. Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Krida Wacana Jakarta, Vol. 27 (2).

Kurniawan, M.R., Humaedi, A. 2020. Gambaran Kesehatan Glukosa Darah, Kolesterol dan Asam Urat Pada Guru dan Karyawan SDN Cawang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia. Vol. 1, No. 3

Kusuma, Y. L. H., Puspitaningsih, D., Dwisyalfina, A., & Widayanti, E. (2018). Pembentukan Program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan Memanfaatkan Dana Desa Pemerintah Desa Ngrowo Kecamatan Bangsal – Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 4(2), 68–75. htt ps:/ /doi .org/10.33023/ jpm .v4i2.190 Kementerian Kesehatan RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta.

Mu’alimah, M., Nikmah, A. N., Angraini, D. D., Viridula, E. Y., Yanuaringsih, G. P., Kusumawati, L. S., … Purnani, W. T. (2018). Pemeriksaan Gula Darah, Kolestrol, Tekanan Darah Dan Asam Urat Gratis Di Car Free Day Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2). h tt ps:/ /doi .org/10.30737/ jaim.v1i 2.156

Mukaromah, A.H., Nisa, F.K., Tama, P.D., Hayati, O.N., Arsyad, M., dan Nurisani, A. 2019. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pemeriksaan Tekanan Darah, Glukosa, Kolesterol dan Asam Urat pada Masyarakat Desa Ngemplak RT 02 RW 09

Maswarni. 2017. Pemeriksaan Kesehatan Medical Cek –Up Sederhana Tekanan Darah Kadar Kolesterol Kadar Gula Darah dan Asam Urat pada Masyarakat di Kel. Labuhbaru Barat Kec. Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu negeRI Vol. 1, No.1.

Situmeang, S. M. F., Setiyawati, D., & Suparni. (2021). Penyuluhan Dan Pemeriksaan Kesehatan (Tensi Darah, Hb, Kolesterol, Gula Darah, Asam Urat) Di Desa Telaga Sari Tanjung Morawa. Jurnal Mitra Prima (Jmp), 2(2), 1–5.

Information
PDF
82 times PDF : 301 times
Article Tools