MENINGKATKAN KAPASITAS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MARDHOTILLAH MELALUI KEGIATAN PENGAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Nurma Nugraha
Universitas Gunadarma
Indonesia
Desti Riminarsih
Universitas Gunadarma
Indonesia
Feni Andriani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Sejak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada 16 Maret 2020, sekolah di Indonesia, terutama di Jakarta, telah mengadopsi pembelajaran daring atau PJJ. PJJ ini memaksa guru dan siswa untuk menggunakan teknologi sebagai sarana pembelajaran. Namun, terdapat keterbatasan dalam hal akses teknologi, seperti handphone, laptop, dan jaringan, baik bagi pengajar maupun peserta didik. Dalam situasi ini, pembelajaran daring harus terus ditingkatkan agar transfer ilmu pengetahuan tetap berjalan. Guru menggunakan berbagai media, seperti Google Classroom, Moodle, dan Group Whatsapp, untuk mengirim materi, video pembelajaran, tugas, dan berkomunikasi dengan siswa. Pengalaman pendampingan pengajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Mardhotillah menjadi inspirasi untuk pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas 9 dalam mata pelajaran matematika. Video pembelajaran disediakan secara daring melalui saluran YouTube MTs Mardhotillah. Selain itu, fokus eksternal adalah pada hak cipta video pembelajaran matematika. Dengan pembelajaran online ini, Madrasah Tsanawiyah Mardhotillah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa dan mendorong penerapan IPTEKS dalam masyarakat. Ini akan membantu meningkatkan daya saing siswa dalam mata pelajaran matematika.

Keywords
Bahan Ajar; Matematika; Pengabdian Kepada Masyarakat; MTs Mardhotillah
References

Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Indonesia

Adi W.Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29 - 39.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Haryani, D. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Hendikawatia, P., Zahida, M. Z., Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 917 – 927.

Heruman. 2008.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kamarullah.(2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Matematika. 1(1), 21 - 32.

Masykur, M. Dan Fathani, A.H. 2007. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak Dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(1), 1 – 13. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, hal 121 – 126.

Rineka Cipta. Fadillah, H. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (Nht) Dengan Menggunakan Pembelajaran Model Klasikal. Skripsi. STKIP Siliwangi Bandung.

Sudijono, H (2001) Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada Sujana, I W. C.(2019).

Suherman. (2003). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Information
PDF
27 times PDF : 23 times
Article Tools